Kesenian Rakyat Lengkapi Hari Jadi Purbalingga


PURBALINGGA, INFO- Kesenian rakyat di alun-alun lengkapi hari jadi Purbalingga ke 187 Senin (18/12/2017). setelah melakukan pahargyan agung dan kirab pusaka, Pemkab Purbalingga menggelar pesta rakyat bertajuk kesenian rakyat. menurut Kabag (Kepala Bagian) Kebudayaan Sekretariat Daerah, Sri Kuncoro pesta rakyat tersebut merupakan wujud berbagi kebahagian dari Pemkab Purbalingga di hari jadinya.

“Ini(pesta kesenian) adalah wujud rasa berbagi kebahagian dari Pemkab kepada warga masyarakat agar ikut merasakan gempitanya hari jadi,” kata Kuncoro.

Ada beberapa hiburan kesenian yang ditampilkan diantaranya barongsai, kuda lumping dan thek-thek atau kentongan. Untuk yang pertama yaitu barongsai Pemkab benar-benar ingin menampilkan keragaman budaya yang ada di Indonesia. Kesenian yang bukan berasal asli dari Indonesia sengaja ditampilkan untuk menunjukan Kabupaten Purbalingga merupakan daerah yang majemuk dan terbuka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga, Heriyanto mengatakan habit yang ditanamkan Pemkab merupakan sebuah pendidikan yang diberikan kepada generasi penerus untuk menghargai keragaman budaya. dia menambahkan komitmen Pemkab untuk menjaga budaya yang ada di Indonesia terlebih budaya yang ada di Purbalingga.

“Kita perlu apresiasi atas upaya Pemkab melestarikan budaya khususnya di hari jadinya. sebagai contoh tadi ketika pahargyan agung di pendopo kita hadirkan tarian klasik khas keraton Solo yang dibawakan mahasiswa ISI(Institut Seni Indonesia) Surakarta,” ujar Heriyanto.

Pagelaran seni rakyat juga menampilkan kuda lumping pimpinan bapak Suwalso dari Toyareja. Antusiasme tinggi ditunjukan para pengunjung yang menyaksikan pagelaran kuda lumping tersebut. Kesenian tersebut menerut pimpinan rombongan yaitu bapak Suwalso perlu dilestarikan agar tidak punah dan anak cucu bisa menikmati di kemudian hari.

“Kami serombongan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Purbalingga yang mau melestarikan kebudayaan lokal. Semoga seniman lokal akan tetap eksis di Purbalingga,” pungkas Suwalso. (PI-8)

ket foto: Barongsai dan Kuda Lumping di Pesta Kesenian rakyat Purbalingga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *