SMPN 1 Bukateja Datangkan Wartawan Senior BBC London


PURBALINGGA,INFO–Mengisi kegiatan pasca Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun pelajaran 2017/2018, SMPN 1 Bukateja, Selasa (19/12) mendatangkan Mohamad Susilo (45), wartawan senior British Broadcasting Corporation (BBC) London atau BBC London. Ia juga membawa anaknya,Kirana Prita Arining Tyas (17), yang kini sekolah di Harris Westminster Sixth Form,London atau setingkat SMA Klas 12 . Kegiatan yang berlangsung di aula sekolah setempat itu untuk melatih anak terampil berbahasa Inggris, dengan penutur yang sehari-harinya memang tinggal di Inggris.

Banyak siswa SMPN 1 Bukateja yang tertarik mengikuti kegiatan itu. Mereka yang terdiri siswa Klas 7,8 dan 9 pun mengajukan berbagai pertanyaan seputar kehidupan sekolah di Inggris, dan aneka hal seperti bagaimana pelajaran agama di Inggris, apakah di Inggris ada taman yang indah, dan sebagainya.

Semua pertanyaan dari para siswa itu, dijawab oleh Kirana–demikian panggilan akrab dari anak pertama tiga bersaudara ini–dengan bahasa Inggris,dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh ayahnya.

“Bagaimana mata pelajaran sekolah di Inggris.Kalau di SMPN 1 Bukateja,pelajarannya sangat banyak, ada 13 mata pelajaran. Capek deh…..,” tanya Uswatun Rina Pamungkas,siswi Klas 9A yang disambut tertawa teman-temannya.

Kirana menjawab tentang sekolah di London,Inggris. “Di banding di Indonesia, pelajaran sekolah di sana lebih sedikit. Siswa diajari yang spesifik. Hanya ada pelajaran Bahasa Inggris, Matematika,sains dan filsafat, ekonomi dan sejarah.Ya..hanya itu,” ujar Kirana yang bercita-cita ingin kuliah di jurusan PPE (Philosophy,Politics,and Economics) di universitas di Inggrisi ini.

Kirana mengakui, gurunya di Inggris kalau mengajar asyik-asyik.Misalnya pelajaran sejarah yang bercerita tentang perang, maka siswa benar-benar diajak ke lokasi bekas perang,mengenakan properti seperti jaman dulu saat perang,dan gurunya bercerita tentang kondisi saat perang dulu. Di sini, siswa jadi menghayati materi sejarah itu. Karena menghayati itu, maka siswa dengan sendirinya akan hafal tentang cerita sejarah itu. “Jadi siswa tidak dipaksa untuk menghafal,tapi menghayati cerita, baru hafal,” ujarnya seperti diterjemahkan oleh Muhamad Susilo.

Ada siswa lain, Gibran dari Klas 7A yang bertanya tentang pelajaran agama di sekolah-sekolah di Ingris. “Bagaimana kalau pelajaran agama di sana?” tanya Gibran.

“Pelajaran Agama di Inggris sudah masuk kurikulum di setiap sekolah,maka semua siswa menerima pelajaran agama apapun hanya untuk pengetahuan,” ujar Kirana yang lahir dan besar di Inggris ,mengikuti tugas ayahnya yang wartawan BBC London itu.

Kirana mengaku, saat ini sedang berlibur menemui kakeknya di Desa Kembangan,Kecamatan Bukateja. Ia senang tinggal di desa,walau sementara.”Orang desa di sini ramah-ramah,mudah tersenyum. Namun hawa di sini sangat panas,” ujar Kirana yang tidak fasih berbahasa Indonesia ini.

Sementara itu, Mohamad Susilo, wartawan senior BBC LOndon memberi motivasi kepada para siswa, barangkali kelak adayang bercita-jadi menjadi wartawan di Inggris. “Jadi wartawan,apalagi di BBC London,itu menyenangkan. Saya bisa keliling ke beberapa negara di dunia, karena tugas jurnalistik sebagai wartawan BBC London.Pesan saya, belajarlah yang sungguh-sungguh dan tekun,” ujar Susilo.

Mohamad Susilo bergabung dengan BBC awal tahun 2000, dan sebelumnya bekerja untuk harian Jawa Pos biro Jakarta selama kurang lebih dua setengah tahun. Alumnus pendidikan bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang (Unnes) di BBC Siaran Indonesia ini, pernah mengasuh beberapa majalah, antara lain Seni dan Budaya, Hukum dalam Praktik, dan Dunia Olahraga. ”Dulu saya jarang sekali meliput olahraga. Tetapi karena di BBC tidak ada spesialisasi liputan, maka apapun dikerjakan. Dan itulah salah satu sisi positif di BBC. Anda setiap hari berhadapan dengan bidang liputan yang berlainan,” ujar Susilo.

Kepala SMPN 1 Bukateja,Titik Widajati,S.Pd M.Pd menyambut baik kedatangan Mohamad Susilo dan putrinya,Kirana. “Semoga apa yang disampaikan bisa memotivasi dan menginsiprasi siswa siswi SMPN 1 Bukateja untuk meraih cita-citanya,” harap Titik Widajati. (PI-1)

Keterangan foto:

Mohamad Susilo (45), wartawan senior British Broadcasting Corporation (BBC) London atau BBC London bersama anaknya,Kirana Prita Arining Tyas (17) saat memotivasi dan menginspirasi siswa-siswi SMPN 1 Bukateja, di aula sekolah setempat, Selasa (19/12/2017).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *