Dua Siswa SMAN 1 Purbalingga akan Ikuti OSN di Padang

PURBALINGGA,INFO-Dua siswa SMA Negeri 1 Purbalingga,  Jateng, Fadhlillah Isaac Kartika, siswa Klas XI MIPA-2,  dan Shinta Nurunnisa, siswi Klas X  MIPA-2 akan mewakili Provinsi Jawa-Tengah  pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Kota Padang, Sumatera Barat, 1-7 Juli mendatang. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud ini akan diikuti 763 peserta yang merupakan perwakilan dari 34 Provinsi se Indonesia.
 Fadhlillah Isaac Kartika akan berlaga di bidang Biologi, dan Shinta Nurunnisa di bidang Geografi. Bidang lainnya yang akan dilombakan pada OSN  di Padang,yakni Matematika, Komputer, Kimia, Fisika, Kebumian, Ekonomi, dan Astronomi,
“Kami berharap, kedua siswa dari SMAN 1 Purbalingga ini menjadi yang terbaik pada  OSN di Padang awal Juli mendatang.Kini kami terus memberikan pembekalan kepada mereka,” ujar Kepala SMAN 1 Purbalingga, Drs.Kustomo yang didampingi Wakahumasnya, Rochmatiningsih, S.Pd di SMAN 1 Purbalingga, Kamis (17/5).
Untuk mempersiapakan diri sebelum berlaga di Padang itu, kedua siswa tersebut terus belajar keras dibawah bimbingan guru-guru SMAN 1 Purbalingga, dan pihak luar.
Dihubungi terpisah, Fadhlillah Isaac Kartika mengaku, selama ini yang mendorong dan memotivasi untuk mendalami bidang biologi adalah ayahnya,Joko Suryanto,S.Pd , guru Biologi yang juga Kepala SMAN 1 Bobotsari, dan dua gurunya di SMAN 1 Purbalingga ,yakni Wiwit Muldianingsih, S.Si, M.Si dan Drs Agus Triyono. Juga ada bimbingan dari pihak luar, diantaranya dari alumni SMAN 1 Purbalingga yang dulu pernah juara OSN, alumni OSN Jateng,  dosen Unsoed, dosen Institut Teknologi Bandung , dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan sejumlah pelatih lainnya.
Lewat gemblengan mereka, Fadhillah kini terus mendalami materi yang akan dilombakan di OSN. Yakni meliputi Biokimia, Biologi Molekuler, Bioinformatika, Anatomi, Fisiologi, Ekologi Tumbuhan dan Neurologi hewan.
“Saya menyukai biologi, karena saya merasa ada kecocokan dengan ilmu ini,” ujar Fadhillah yang baru saja meraih juara  1 tingkat nasional pada lomba Biologi Biolimpic di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga,Yogyakarta ini.
Demikian halnya Shinta Nurunnisa, di bawah bimbingan guru Geografi di SMAN 1 Purbalingga, yakni Dwi Ninayaroh, S.Pd dan Iswati Susiana, S.Pd, terus memperdalam materi bidang Geografi yang akan dilombakan pada OSN di Padang.
“Kepada warga Purbalingga khususnya, dan Jawa Tengah pada umumnya, mohon doanya,moga kami berdua bisa menjadi yang terbaik pada OSN di Padang awal Juli mendatang,” harap Shinta. (PI-6)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *