Rampak Kenthong Purbamas Berpamitan Pada Plt. Bupati Purbalingga

INFO – Rampak Kenthong Purbamas Purbalingga akan tampil kembali di Istana Negara Jakarta pada 17 Agustus 2018 mendatang. Tim kesenian Purbalingga ini akan tampil di dua waktu yakni pada saat pagi hari menyambut tamu-tamu kehormatan pada saat Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan pada sore hari saat upacara penurunan bendera. Sehari sebelum berangkat saat glady bersih di Alun-alun Minggu malam (12/8) Rampak Kenthong Purbamas Purbalingga berpamitan pada Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ.

“Saya memberi apresiasi pada Rampak Kenthong Purbamas Purbalingga yang akan tampil kembali di Istana Negara Jakarta untuk kali kedua. Dan ini merupakan kehormatan bagi seluruh para peserta serta official, serta kebanggaan warga masyarakat Purbalingga,” kata Bupati Tiwi saat memberikan sambutan saat glady bersih dan latihan terakhir sebelum bertolak ke Jakarta pada Senin malam (13/8).

Ditambahkan Tiwi, “Karena ini membawa nama baik Kabupaten Purbalingga dan juga mewakili Jawa Tengah, jadi mohon untuk dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, baik pemusiknya, penarinya, dan terlebih untuk pasukan pembawa umbul-umbul untuk lebih dikompakkan lagi, agar terlihat rapi geraknya,” imbuhnya.

Pada tahun sebelumnya tim kesenian Purbalingga hanya berkesempatan untuk menampilkan tarian untuk menyambut tamu-tamu kehormatan di Istana Negara. Tahun ini, tim kesenian Purbalingga akan tampil bersama perwakilan dari lima provinsi lainnya yang berasal dari luar Jawa dalam bentuk kolosal.

“Dari 12 provinsi yang diseleksi hanya dipilih enam provinsi, satu diantaranya Purbalingga yang mewakili Jawa Tengah. Harapan saya pada seluruh peserta untuk menjaga kesehatan dan dapat fokus, sehingga dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Kesenian dan Nilai Tradisi pada Dindikbud Kabupaten Purbalingga, Rien Anggraeni mengatakan, “Group kesenian ini sifatnya heterogen, mereka ada yang pelajar dan ada yang pekerja. Tim kesenian Purbalingga di bawah binaan Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga ikut memeriahkan semarak HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Istana Negara. Tim kesenian Purbalingga ini merupakan orang-orang pilihan yang telah diseleksi sejak bulan Juni lalu. Saya berharap mereka dapat tampil yang terbaik demi membawa nama baik Kabupaten Purbalingga,” katanya.PI-10.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *