Agus Pribadi akan Luncurkan Tiga Buah Buku

PURBALINGGA,INFO—Di sela-sela kesibukannya sebagai guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri 5 Mrebet Purbalingga, Jawa-Tengah, Agus Pribadi  juga piawai menulis dan bersastra. Hal ini ia buktikan, menyusul akan diluncurkannya tiga buku karyanya pada Minggu,4 Maret mendatang, mulai jam 10.00 WIB di RM Wapo Kebon Kelapa- Jl.Ketuhu , Wirasana, Purbalingga.

“Menulis adalah sebuah proses yang tidak terlalu mudah, tetapi juga tidak terlalu susah. Menulis butuh ketekunan, ketelatenan, dan keuletan. Terkadang butuh waktu bertahun-tahun untuk dapat menerbitkan sebuah buku. Jika hanya satu atau dua hari, akan sangat sulit,” ujar Agus Pribadi ketika ditanya proses kreatifnya dalam menekuni dunia tulis-menulis, Minggu (25/2).

Adapun tiga buku yang akan diluncurkan itu, terdiri “36 Rahasia Bisa Menulis”, “Doresani, Kumpulan Cekak Penginyongan”, dan “Unggas-Unggas Bersayap Putih, Kumpulan Cerpen”. Ketiga buku itu akan dibedah oleh Ryan Rachman, wartawan Suara Merdeka dan aktivis Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Kata Sapa), dan Agustav Triono (penyair).

Buku pertama, berjudul “36 Rahasia Bisa Menulis” yang berisi panduan bagi siapa saja yang ingin belajar menulis fiksi, nonfiksi, dan blog. Buku itu ditulis berdasarkan perenungan dan penghayatan saat menulis untuk media online maupun media cetak. Diterbitkan oleh Penerbit Leutikaprio, Jogyakarta, Desember 2017.

Buku Kedua, berjudul “Doresani, Kumpulan Cekak Penginyongan”. Buku berbahasa Jawa dialek Banyumasan ini berisi 16 cerita tentang kehidupan sehari-hari yang mengandung hikmah kehidupan. Diterbitkan oleh Satria Indra Prasta-SIP Publishing, Banyumas, Januari 2018.

Buku ketiga, berjudul “Unggas-Unggas Bersayap Putih, Kumpulan Cerpen” yang berisi 15 cerita pendek. Cerpen-cerpen dalam buku itu pernah dimuat di berbagai media seperti : Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, Satelitpost, dan media lainnya. Diterbitkan oleh Pustaka Media Guru, Surabaya, Desember 2017.

“Materi-materi yang ada pada ketiga buku tersebut tidak kami tulis dalam waktu singkat, namun beberapa tahun lamanya. Kemudian dikumpulkan dan dijadikan bukum” ujarnya.

Melalui peluncuran ketiga buku tersebut, Agus Pribadi yang kelahiran Purbalingga 10 Nei 1978 inbi mengajak para penulis di Banyumas, Purbalingga, dan sekitarnya untuk terus berkarya dalam proses panjang dan tiada henti.

“Harapan saya, para penulis dari Banyumas Raya dapat semakin berkiprah di tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” harap Agus Pribadi, alumnus Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang diangkat sebagai CPNS  tahun 2009 ini.

Bagi Anda yang  ingin menghadiri peluncuran buku tersebut, silahkan kontak  Agus Pribadi, No HP 0852-9012-4307. Peserta terbatas, hanya untuk 30 orang. Fasilitas berupa makan,snack, dan diskusi buku. Dalam acara ini, dijual  buku “Doresani, Kumpulan Cekak Penginyongan” dan kumpulan Cerkak BasaJawa Banyumasan, Iwak Gendruwo. Masing-masing buku dijual Rp 25 ribu ,khusus saat peluncuran buku kali ini.  (PI-1)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *