Minat Menjadi Entrepreneur Muda Meningkat

PURBALINGGA, INFO- Pola pikir generasi muda Indonesia sudah mulai berubah. Dahulu sebagian besar pemuda pemudi Indonesia bercita-cita sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun sudah banyak dari mereka mengalihkan perhatiannya menjadi entrepreneur (pengusaha). Hal itu bisa terlihat dari antusiasnya para siswa SMA/SMK mengikuti seminar motivasi nasional entrepreneur muda membangyn bangsa Ahad (25/2) di gedung PGRI Purbalingga.

Seminar dengan pemateri Syafii Efendi  tersebut diikuti ribuan siswa SMA/SMK di Purbalingga. Syafii mengatakan, generasi milenial mempunyai nilai plus tersendiri yaitu sadar teknologi. Dia menambahkan, menjamurnya usaha berbasis aplikasi harus disikapi oleh generasi muda dengan membuat sesuatu yang berbeda.

“Online shop sudah sangat menjamur. Generasi muda yang sedang bergeliat menjadi pengusaha harus menciptakan brand yang berbeda, yang menarik dan kekinian,” kata Syafii.

Motivator yang mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai motivator termuda itu berujar, membangun bangsa yang mandiri diupayakan salah satunya dengan mencetak pengusaha muda. Dia menuturkan bonus demografi pada 2030 harus disiapkan dari sekarang.

“Indonesia akan mendapat bonus demografi 2030. Andai jumlah pengusaha meningkat pesat, pengaruhnya akan terasa pada pembangunan,” imbuhnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Subeno mengatakan akan selalu mendukung program-program yang mendukung pengangkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) termasuk seminar tersebut. Dia menilai naiknya IPM yang di dalamnya ada peningkatan ekonomi harus dibarengi dengan jiwa mandiri para pengusaha khususnya pengusaha muda. “Pemerintah Kabupaten Purbalingga mendukung acara-acara seperti. Mudah-mudahan sebagai ikhtiar mendongkrak IPM Purbalingga,” katanya

Salah satu peserta seminar Anggriya Salsabila dari SMA N 1 Bobotsari mengatakan, menjadi entrepreneur bisa membentuk dirinya menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak menggantungkan kepada orang tua. Dia menargetkan di tahun 2019 kala dia menjadi mahasiswi, dia sekaligus ingin menjadi pengusaha yang sukses.

“Tahun 2019 saya memasuki masa kuliah dan saya juga ingin jadi pengusaha yang sukses,” pungkasnya. (PI-8)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.