BKBPP KERJASAMA DINDIK HIDUPKAN PIK

IMG_8391
PURBALINGGA – Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga.Penandatangan MoU ini dilakukan bersamaan dengana cara Orientasi Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja, bagiPengelola Program Genre, di aula HotelKencana, Selasa (16/9) pagi.
Nota kerjasamaditandatanganikepala BKBPP HanungWikantono dan kepala Dinas PendidikanKabupatenPurbalingga Tri Gunawan.
Usai penandatangan kerjasama, kepala BKBPPP HanungWikantono menjelaskan, dari kerjasama ini akan menciptakan kerjasama secara sinergi membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja melalui Generasi Berencana (PIK RemajaGenRe)..Dalam PIK Remaja ini dapat dijadikan wadah untuk diskusi terkait berbagai hal yang dapat menghambat remaja tidak mampu menyelesaikan sekolah, seperti pernikahan dini, persalinandini, HIV/AIDs, narkoba, dan seks bebas.
Dituturkan HanumWikantono, padadasarnyatujuan PIK Remaja Genre adalah untuk mengawalremaja selamat sampai remaja dapat bekerja dan tidak terhambat tiga hal, sek bebas, narkoba dan HIV/AIDs. Lebih luas lagi mensejahterakan masyarakat. BKBPP menitipkan program KB ke Dinas Pendidikan. 
Kabid KeluargaSejahtera (KS) BKBPP Purbalingga Teguh Indriyono saat paparan menjelaskan, PIK Remaja adalah suatu wadah dalam program Generasi Berencana (GenRe) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja / mahasiswa. PIK Remaja/Mahasiswa ini berfungsi memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi remaja dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan penunjang lainnya, guna mewujudkan Tegar Remaja. Sedang yang dimaksud Tegar Remaja adalah remaja /mahasiswa yang berperilaku sehat, terhindar dari tiga resiko (seks bebas, HIV/Aids dan Napza) serta memiliki kecakapan hidup agar menjadi bagian dari Generasi Emas.
Materi dalam kegiatan tersebut diantaranya Pembangunan Keluarga dan Generasi Berencana (GenRe) oleh Kabid KS BKBPP Teguh Indriyono,SE, Life Skill oleh Ir Sri Puji Rahayu ,Serba Serbi Narkoba oleh drg Hanung Wikantono MMPM, Kesehatan Reproduksi Remaja drg.HanungWikantono MMPM, dan Pendewasaan Usia Perkawinan oleh Ir Sri PujiRahayu.
Peserta kegiatan ini terbagi dalam dua tahap, tahap pertama diikuti oleh 96 orang, perwakilan SMA, MAN, SMK dan kepala UPT BKBPP. Sedangkan tahap kedua akan berlangsung besok dengan peserta 99 orang, terdiri dari perwakilan SMP/MTs dan UPT BKBPP. (umg-Kominfo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.