BUPER MUNJULLUHUR AKAN DIKELOLA GERAKAN PRAMUKA

Bumi Perkemahan Munjuluhur yang ada di desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari rencananya akan dikelola Gerakan Pramuka Purbalingga. Selama ini bumi perkemahan tersebut dikelola oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora).
Bupati Heru Sudjatmoko kepada Suara Perwira mengungkapkan, selama ini memang ada rumor seolah-olah terjadi perebutan pengelolaan buper, antara gerakan pramuka Kwarcab Purbalingga dengan Dinbudparpora.
Dijelaskan bupati Heru, karena yang minta itu dari kwarcab gerakan pramuka, dan itu merupakan bumi perkemahan pramuka, maka tentu saya pertimbangkan, apalagi mereka sanggup lingkungannya lebih bersih.
“Kemudian retribusi juga tetep masuk, oleh karena itu saya pikir saling menguntungkan, antara pemda dan pramuka. disisi lain untuk mengurangi beban Dibudparpora, supaya bebannya tidak terlalu berat. Sehingga dapat mengembangkan pariwisata dengan lebih luas”, ujar Bupati Heru.
Sementara kabid Pariwisata Titi Setiawati mengungkapkan, bumi perkemahan tersebut dirintis sejak tahun 1982 dengan luasan saat ini 5 ha. Sejak dibangun dan dilengkapi gedung pertemuan dan fasilitas lainnya pada tahun 1992, diserahkan dan dikelola Dinbudparpora.
Pada tahun 2012 lalu buper Munjuluhur ditarget setor PAD sebesar Rp. 61 juta, namun sampai perhitungan akhir tahun mampu setor PAD sampai Rp. 106. 592.200 juta.
Buper Munjuluhur merupakan asset pemda, sehingga bila pengelolaan diserahkan ke pihak lain, diperlukan regulasi yang matang, termasuk dasar hukum yang akan diterapkan ketika diserahkan kepada Gerakan Pramuka.

bude

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.