Lestarikan Seni dan Budaya, Dindikbud & Lppm ISI Surakarta Jalin Kerja Sama

PURBALINGGA, INFO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mendatangani perjanjian kerja sama dalam rangka peningkatan potensi nilai seni dan budaya di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Senin (16/10/2017). Rektor ISI peripde 2017-2023, Dr. Guntur, M. Hum mengucapkan terimakasih telah disambut baik oleh pemerintah Kabupaten Purbalingga.

“Semoga tujuan kerjasama pelestarian dan peningkatan potensi nilai seni dan budaya dapat memberikan manfaat bersama,” katanya saat membacakan sambutan dari Rektor ISI sebelumnya, Dr. Sri Rochana W, S. Kar, M.Hum.

Kepala Dindikbud Purbalingga, Heriyanto, S.Pd, M.Si mengatakan bentuk kerjasama dalam waktu dekat adalah pelaksaaan hari jadi Purbalingga pada bulan Desember nanti. “Sesuai dengan arahan Bupati, akan diadakan lomba karawitan antar OPD. Adanya kerjasama ini kami akan sangat terbantu baik secara konsep maupun pelaksanaannya nanti,” katanya.

Bupati Purbalingga, H. Tasdi, SH, MM berharap dengan adanya kerjasama tersebut dapat memberikan multiplier effect yang dapat oleh masyarakat.”Pendidikan, pengembangan seni dan pelestarikan budaya merupakan upaya pencegahan dekradasi moral”, katanya.
Tambahnya, saat ini Kabupaten Purbalingga menempati kunjungan wisata keempat Se-Jawa Tengah. “Kita harus jaga dan tingkatkan, wisata yang baik didukung oleh budaya yang baik pula,” ungkapnya.

Bupati mengatakan Pemkab Purbalingga telah melakukan beberapa upaya dalam rangka pelestarian seni dan budaya. “Kita harus lestarikan, jangan sampai budaya kita diklaim oleh negara asing. Kami berupaya di 18 kecamatan memiliki seperangkat gamelan agar masyarakat dapat belajar dan turut melestarikan budaya,”pungkasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.