Menjelang UAN Stok Darah Berkurang

PURBALINGGA, Menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN) stok darah di Unit Pengelolaan Transfusi Darah (UPTD) PMI Purbalingga minim, hal ini dikarenakan para siswa yang biasanya mendonorkan darahnya berkurang. Para siswa lebih memfokuskan diri untuk menghadapi ujian akhir nasional.

Salah satu petugas donor darah, Lasti mengatakan bisasnya kegiatan donor darah di sekolah-sekolah biasanya mendapatkan sampai 30 kantong darah, namun karena persiapan UAN menjadi berkurang. Lasti menyadari berkurangnya stok darah, disebabkan kesehaatan siawa dalam menghadapi UAN memang harus menjadi perhatian utama.

“Walaupun stok berkurang, tapi persediaan darah masih dalam kondisi aman,” ujar Lasti pada saat melakukan kegiatan donor darah di Bundaran Setda Purbalingga, Rabu (4/3)

Kegiatan donor darah yang dilakukan secara rutin di Setda, imbuh Lasti bisa sedikit menopang stok darah di UPTD. Selain itu kegiatan donor di perusahaan-perusahaan bisa menambah stok darah.

Seorang peserta donor, M Nur Jamal mengatakan keikusertaannya berdonor dikarenakan untuk kesehatan. Dengan rutin mendonorkan darah, maka secara alami darah akan diganti dengan sel-sel darah yang baru.

“Setelah donor badan terasa enteng,” ujar Jamal yang mengaku rutin melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali.

Selain untuk kesehatan Jamal menambahkan dengan berdonor sebagai wujud empati terhadap kemanusiaan. Setetes darah bisa menolong jiwa manusia yang membutuhkannya.  (Sapto Suhardiyo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.