SMPN 1 Karangmoncol Raih Dua Kejuaraan Galang Tangguh

PURBALINGGA, SMPN 1 Karangmoncol meraih dua predikat Tergiat I pada kegiatan Galang Tangguh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka, Purbalingga. Sekolah itu meraih juara untuk kategori Galang Adventure dan Galang Persatuan Baris Berbaris (PBB) Tongkat. Untuk tergiat I Galang Pioneering dan Galang Kreasi masing-masing diraih SMPN 2 Purbalingga dan SMPN 1 Kejobong.

Tergiat II dan III untuk Galang Adventure diraih SMPN 1 Mrebet dan SMPN 1 Bojongsari. Tergiat II dan III Galang PBB Tongkat diraih SMPN 3 Purbalingga dan SMPN 5 (A) Purbalingga. Tergiat II dan III Galang Pioneering diraih MTS NU 04 Tamansari Karangmoncol, dan SMPN 1 Purbalingga. Tergiat II dan III Galang Kreasi masing-masing diraih SMPN 1 Purbalingga dan SMPN 1 Kalimanah. Selain tergiat I hingga III, panitia juga menentukan tergiat Harapan I hingga III untuk masing-masing kegiatan Galang Tangguh.

Ketua Panitia Anto Kuswoyo yang juga Andalan Bina Muda Penggalang Kwarcab Purbalingga, mengatakan, kegiatan diikuti oleh pramuka penggalang di setiap pangkalan SMP dan MTs. Setiap pangkalan mengirimkan dari 24 orang peserta yang terdiri dari masing-masing delapan orang untuk Galang Adventure dan Galang PBB Tongkat, 6 orang untuk Galang Pioneering dan dua orang untuk Galang Kreasi. Pelaksanaan kegiatan di halaman SMKN 3 Purbalingga.

“Kegiatan Galang Tangguh merupakan sarana edukasi dan aktualisasi bagi anggota Pramuka penggalang dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi diri sebagai anggota pramuka. Kegiatannya meliputi petualangan, variasi baris berbaris menggunakan tongkat, ketrampilan pioneering dan kreatifitas kaligrafi pramuka,” kata Anto, Senin (2/3).

Melalui kegiatan ini, lanjut Anto, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mental, fisik, dan pengetahuan serta kesan yang baik dan menyenangkan di kalangan pramuka. Galang tangguh juga diharapkan mampu meningkatkan disiplin pribadi,  rasa tanggung jawab, dan kesetiaan terhadap regunya, pasukannya, gugus depannya serta organisasi pramuka pada umumnya. “Melalui Galang tangguh, pramuka diharapkan pula bisa memahami dan menghayati semangat  Satya dan Dharma Pramuka, sistem beregu, kekompakan, kerukunan, kegotong royongan, dan kesetiakawanan,” tambah Anto. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.