Plt Bupati Lepas Kontingen Lomba Mapsi Jateng

PURBALINGGA – Sebanyak 29 siswa-siswi SMP bakal mewakili Kabupaten Purbalingga sebagai Kontingen Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (Mapsi) di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Siswa-siswi tersebut merupakan pemenang (juara 1) dari Lomba Mapsi Tingkat Kabupaten Purbalingga yang diselenggarakan 8 September 2018 lalu.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Drs Subeno SE MSi menyampaikan Lomba Mapsi tingkat Provinsi Jawa Tengah tersebut akan dilaksanakan pada 26 sampai dengan 28 Oktober 2018 di Kabupaten Demak.

“Adapun jenis lomba yang akan dipertandingkan ada 12 cabang, diantaranya, untuk beregu ada rebana dan cerdas cermat. Sedangkan untuk perorangan pidato putra dan putri , tilawah putra dan putri, tartil putra putri, tahfid putra putri serta kaligrafi putra putri,” terangnya dalam acara Pelepasan Kontingan Kabupaten Purbalingga Lomba Mapsi Ke-8 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di ruang OR Graha Adiguna Kompleks Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Senin (22/10).

Sebanyak 29 siswa dari Kontingen Purbalingga ini diantaranya berasal dari SMP Istiqomah Sambas, SMP Negeri 3 Purbalingga, SMP Negeri 1 Purbalingga, SMP Negeri 1 Karangjambu, SMP Negeri 1 Karangmoncol, dan SMP Negeri 4 Karangmoncol. Subeno juga menyampaikan, tahun 2017 lalu prestasi Lomba Mapsi Provinsi Jateng dari Kabupaten Purbalingga hanya meraih prestasi tertinggi di Juara 3 tilawah.

Pada kesempatan ini, Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratowo SE BEcon secara resmi melepas Kontingen Lomba Mapri Provinsi Jateng dari Purbalingga. Dalam sambutannya, ia menyampaikan kegiatan Mapsi merupakan ajang lomba bidang keagamaan yang memiliki peranan setrategis.

“Mapsi ini dapat digunakan sebagai upaya menguatkan pendidikan karakter generasi muda kita. Selain itu jugabisa dijadikan tolok ukur prestasi siswa siswi kita khsusunya di tingkat SMP pada mata pelajaran agama islam dan juga seni islam,” tuturnya.

Atas nama pemerintah, Plt Bupati Tiwi mengucapkan selamat dan sukses kepada para Kontingen. Ia menyampaikan bahwa mereka sudah sepatutnya berbangga karena telah berprestasi di tingkat kabupaten dan tidak semua siswa SMP memiliki kesempatan yang sama.

“Melalui kesempatan ini, kami berpesan agar lomba Mapsi mampu digunakan sebagai momentum untuk kalian belajar, mencari pengalaman baru, teman baru, dan  melatih kemampuan. Sehingga nantinya akan ada penigkatan-peningkatan dan penguasaan,” ujarnya.

Ia menartuh harapan besar para kontingen untuk nantinya bisa membawa prestasi dan membawa harum nama baik Purbalingga. Untuk meningkatkan semangat, Plt Bupati Tiwi menjanjikan akan mengalokasikan hadiah khsuus para pemenang.

“Minimal kalau ada yang masuk 3 besar, saya berjanji akan dapat hadiah tambahan. Mudah mudahan bisa jadi motivasi dan berjuang lebih semangat lagi, junjung tinggi sportifitas, tampilkan performa terbaik. Kami akan turut mendoakan,” katanya. (Gn/Humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.