SMP Istiqomah Sambas Juara Umum BFAI 2014

SMP Istiqomah Sambas keluar sebagai juara umum pada ajang Invitasi Pertolongan Pertama PMR Madya (Bharega First Aid Invitation IV) tahun 2014Juara umum berhak atas tropi dari Bupati Purbalingga. BFAI yang digelar Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Purbalingga, pada tahun ini untuk kali keempat sejak tahun 2008.

Hasil kejuaraan untuk lomba Pertolongan pertama (PP) juara I hingga III masing-masing diraih Tim I SMP Istiqomah sambas, Tim 2 SMP Istiqomah Sambas dan SMPN 2 Purbalingga. Untuk lomba Perawatan Keluarga (PK) juara I hingga III masing-masing SMPN 1 Mrebet, AMPN 1 Karangmoncol dan Tim 1 SMP Istiqomah Sambas.  Juara I mendapat tropi dari Kepala Dinas Pendidikan, juara II tropi Ketua PMI Purbalingga dan juara III mendapat tropi dari Kepala SMAN 1 Purbalingga.

Ketua Bharega (Bhakti Remaja Ganesha) PMR Wira SMAN 1 Purbalingga, Wahyu Tri Anggono mengatakan, invitasi BFAI sangat bermanfaat bagi PMR Madya yang berpangkalan di sekolah menengah pertama. Melalui BFAI, para peserta akan berjuang semaksimal mungkin dalam mendalami materi kepalangmerahan yang terdiri dari pertolongan pertama dan perawatan keluarga. “BFAI juga mampu meningkatkan kualitas PMR serta dapatt melahirkan jiwa relawan sejati dalam diri anggota PMR,” kata Wahyu Tri Anggono disela-sela lomba, Minggu (21/9).

Dijelaskan Wahyu, invitasi terdiri dari dua  macam yaitu Lomba Pertolongan Pertama (PP) dan Lomba Perawatan Keluarga (PK).  Untuk Lomba PP yang merupakan materi penanganan kasus kecelakaan dan kasus medis masing-masing regu akan diwakili oleh tiga peserta. Sedang untuk lomba PK yang merupakan materi penanganan pasien sakit yang dirawat dirumah diwakili dua peserta.

“Lomba PP dan PK terdiri tertulis dan praktek/peragaan yang masing-masing akan dilaksanakan selama 15 menit.  Lomba Tertulis dilaksanakan secara serentak dalam waktu yang sama dan lomba praktek dilaksanakan secara bergiliran. Sedang juri invitasi berasal dari Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto,” jelasnya.

Wahyu menambahkan, kegiatan BFAI sejak pertama digelar tahun 2008 sangat diminati pangkalan PMR Madya se-Purbalingga. “Tahun 2008 mampu menyedot peserta  33 pangkalan, kemudian tahun 2010 sebanyak 25 pangkalan, dan tahun 2012 sebanyak 30 pangkalan.  “Pada tahun 2014  diikuti oleh 15 regu,” tambah Wahyu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.