350 WALI PESERTA DIDIK MENGIKUTI WORKSHOP PARENTING

Dalam rangkaian Ulang Tahun PGRI ke 68 tahun 2013, Kelompok Kerja Guru (KKG) PAUD kabupaten Purbalingga menggelar Workshop Smart Parenting. Kegiatan ini diikuti oleh 350 wali peserta didik di wilayah Purbalingga. Sedangkan materi yang disajikan adalah Cara Cerdas Menjadikan Anak Cerdas. Kegiatan ini dilaksankan di Aula Soedirman
Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga. Sabtu siang (23/11).
Ketua Panitia Workshop Paranting Pujiati SPd. menuturkan,  pihaknya mengumpulkan wali peserta didik di kabupaten Purbalingga, untuk mengikuti parenting dengan menghadirkan narasumber Yosep J. Hilmi dari Jakarta. Setelah para peserta mengikuti parenting mereka akan menyadari bahwa tindakan pada anak selama ini terlalu keras dan sedikit memaksakan diri, dan tidak sesuai dengan perkembangan usia anak, atau keliru.
Dijelaskan Pujiati, kegiatan ini merupakan momentum penyamaan persepsi bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan benar. Sehingga ada keseimbangan antara pendidikan anak usia dini di sekolah maupun di rumah. Menurut Puji, Orang tua tidak mungkin mengawasi kegiatan bermain anak-anaknya secara terus-menerus selama sehari penuh. Apalagi bagi orang tua yang sibuk, karena harus berkarir di luar rumah. Solusinya adalah dengan memberi pendidikan dan parenting kepada anak-anak sejak dini, melalui program penitipan anak atau lembaga PAUD yang dapat dipercaya.
Dengan pendidikan dan pengasuhan yang tepat, cerdas dan berkarakter, sejak mereka berusia dini, diharapkan setelah mereka tumbuh dewasa akan menjadi manusia yang bisa diandalkan orang tuanya, berguna bagi agama, bangsa dan negaranya.
Sementara penyaji parenting Yusep J. Hilmi mengungkapkan, melalui parenting yang cerdas, orang tua diharapkan mampu membimbing putra-putrinya secara tepat dan cerdas, saat anak-anaknya memasuki fase-fase tumbuh-kembang anak. Karena, apabila orang tua salah didik (salah asuhan), bukan kebaikan yang bisa diraih. Tidak jarang anak-anak justru kehilangan momentum untuk mengembangkan potensi diri dan kecerdasannya, karena mereka kurang memaksimalkan  motorik halus dan motorik kasarnya.
Pada workshop smart parenting kali ini, panitia memungut kontribusi pada peserta dikenai tiket Rp 10.000, sedangkan Panitia juga memberi fasilitas seminar kit, sertifikat, dan soft drink/kue selama seminarkegiatan berlangsung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.