Jelang Hardiknas, Dindikbud Adakan Ajang Kreativitas PAUD

PURBALINGGA, INFO – Menjelang Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga adakan Ajang Kreativitas bagi anak usia dini. Kegiatan ajang kreativitas ini dilaksanakan guna menanamkan  rasa percaya diri terhadap pendidikan anak usia dini.

“Kaitannya ajang kreativitas ini untuk mengembangkan kreativitas di masing-masing bidang lomba,” kata Waskun, Kepala Seksi Pembinaan PAUD Dindikbud Kabupaten Purbalingga saat dijumpai di Sanggaluri Park Purbalingga, Kamis (12/4).

Dalam ajang kreativitas terdapat 12 macam perlombaan yang dibagi menjadi dua kategori peserta lomba yakni untuk Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Enam lomba yang digelar untuk TK diantaranya menyanyi , kolase, senam, mendongeng, melempar bola dan geometri.

“Sedangkan untuk anak-anak PAUD sendiri ada lomba mengelompokkan biji-bijian, estafet gembira, menendang bola, menempel keping geometri, membentuk dengan plastisin dan melempar bola,” jelas Waskun.

Area yang digunakan untuk ajang kreativitas tersebar tersebar di area Sanggaluri Park Purbalingga. Pemilihan Sanggaluri Park dimaksudkan agar anak di samping mengikuti perlombaan, anak juga dapat berekreasi sambil belajar.

“Karena di sini banyak wahana-wahana yang mengedukasi anak usia dini, selain itu mereka jadi mengenal tempat-tempat wisata di Purbalingga,” tambah Waskun

Semua perlombaan yang ada dilaksanakan dalam rangka menanamkan pendidikan karakter sejak usia dini. Menurutnya, perlombaan dimaksud diperlukan untuk anak usia dini guna menanamkan disiplin anak. Anak pun bisa belajar mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki melalui ajang kreativitas.

“Dengan adanya ajang seperti ini, anak-anak bisa belajar untuk mengembangkan bakat yang dimiliki. Mereka juga bisa menyalurkan kemampuannya seperti yang suka menyanyi ada lomba menyanyi, mereka yang suka menari ada lomba senam dan berbagai perlombaan tersebut bisa dipilih sesuai dengan keinginan mereka,” ujarnya.

Waskun menerangkan peserta ajang kreativitas diikuti oleh PAUD Formal dan Non Formal, TK juga Kelompok Bermain yang tersebar di 18 Kecamatan di Kabupaten Purbalingga.Peserta Ajang Kreativitas dari setiap kecamatan dibagi ke dalam 12 perlombaan yang telah disediakan.

“Peserta yang mengikuti ajang ini didampingi langsung oleh guru di masing-masing tempat belajar mereka juga orang tua dari masing-masing peserta,” terang Waskun.

Ajang kreativitas sebelumnya juga diadakan di masing-masing kecamatan, ia mengimbukan peserta dari tingkat kecamatan yang berhasil mendapatkan juara dikirim kembali untuk mengikuti di tingkat kabupaten.

“Kalau dulu ajang kreativitas itu sampai ke tingkat provinsi, hanya saja untuk dua tahun ini cukup sampai di kabupaten saja,” tuturnya.

Terakhir, Waskun berharap dengan adanya ajang kreativitas yang diselenggarakan oleh Dindikbud Kabupaten Purbalingga dapat menjadi wadah untuk mempersiapkan gnerasi-generasi masa depan yang terbaik. Peserta yang berhasil menjadi juara di ajang kreativitas  PAUD tingkat Kabupaten Purbalingga nantinya akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan beserta uang pembinaan. (PI-7)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.