Purbalingga Bukan Hanya Alun-alun

Lomba Debat (1)PURBALINGGA, Ketua Badan Penggerak Pemuda Daerah (BPPD) Purbalingga Andi Pranowo meminta semua anak muda di Purbalingga mau memberikan kontribusi untuk turut membangun daerahnya. Sebisa mungkin, kata dia, pemuda harus memberikan solusi bukan sebaliknya menjadi beban daerah.

“Ingat! Purbalingga itu bukan hanya di Alun-alun! Purbalingga itu juga di Karangjambu. Purbalingga itu ada di Kejobong. Purbalingga itu ada di pelosok-pelosok dari ujung utara hingga ujung selatan kabupaten ini. Semua butuh kontribusi kita sebagai pemuda!” ujarnya berapi-api saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Lomba Debat Intelektual Tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Purbalingga, Sabtu (24/1).

Menurut Andi, jika anak muda tidak memberikan kontribusinya kepada daerah, minimal tidak menjadi beban daerah. Sebab, selama ini, banyak kasus yang melibatkan anak muda seperti narkoba dan sejenisnya yang justru membuat anggaran pemerintah membengkak.

Terpisah dalam acara yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dibudparpora) Kabupaten Purbalingga Drs Subeno SE MSi mewakili Bupati Purbalingga juga mengingatkan tentang kriteria pemuda yang baik. Menurutnya pemuda yang baik itu harus memenuhi tiga kriteria.

“Kriteria pertama, dia harus memiliki wawasan atau knowledge yang luas. Kalau yang ini insya Allah, saya percaya anak-anak muda jaman sekarang mudah sekali, karena tinggal googling selesai,” katanya.

Kriteria kedua, lanjutnya, pemuda harus memiliki hardskill dan softskill. Hardskill sebagai contoh ketrampilan di bidang olahraga, seni, Teknologi Informatika dan Komunikasi, dan sebagainya. Sedangkan softskill mencakup kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah, untuk bermasyarakat, dan menghadapi tantangan untuk bisa bertahan.
“Dan yang ketiga yang sangat sulit sekarang ditemukan, yaitu attitude atau kepribadian. Kalau attitude baik, nggak mungkin ada korupsi,” jelasnya.

Kegiatan Lomba Debat Intelektual yang diselenggarakan BPPD Purbalingga ini diikuti 10 finalis yang lulus seleksi essay dan administrasi. Dari 10 kelompok finalis ini akan dipertandingkan untuk maju ke babak final, Minggu (25/1). Ketika menjadi juara Lomba Debat, perjuangan belum usai. Karena para juara diminta pertanggungjawabannya tentang janji-janjinya untuk berkontribusi pada masyarakat dan daerah. (Estining Pamungkas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.