50 Pelajar Ikuti Kemah Saka Pariwisata

PURBALINGGA – Sebanyak 50 pelajar dari berbagai SMA, SMK dan MAN di Purbalingga akan mengikuti perkemahan Satuan karya (Saka) Pariwisata di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Sabtu – Minggu (21/6 – 22/6). Saka Pariwisata merupakan upaya peningkatan kemampuan anggota gerakan pramuka di bidang kepariwisataan.  Saka ini dibawah binaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Purbalingga.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, Saka Pariwisata merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membina dan mengembangkan ketrampilan di bidang pariwisata. Dalam Saka Pariwisata ada tiga krida yakni Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata.

“Ketiga hal yang masuk dalam Saka Pariwisata ini diharapkan dapat mendukung dan ikut mensukseskan program sadar wisata yang berprinsip pada Sapta Pesona Wisata yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan terakhir,” kata Prayitno, Kamis (19/6).

Menurut Prayitno,  potensi generasi muda Indonesia sangat besar, program revitalisasi Gerakan Pramuka sejak tujuh tahun belakangan ini telah mengalami peningkatan cukup signifikan dengan makin bertambahnya anggota Pramuka.  Sebagai sarana pendidikan non formal, Gerakan Pramuka sangat tepat untuk membentuk karakter pribadi generasi muda bangsa.

“Kami perihatin dengan perilaku sebagian generasi muda yang memiliki masalah, mulai penggunaan obat terlarang hingga perilaku kriminal, dan kami pikir dengan kegiatan kepramukaan melalui Saka Pariwisata diharapkan dapat menekan tindakan tercela dikalangan generasi muda kita,” ujar Prayitno yang juga Pengurus Andalan Cabang Urusan (Ancu) Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga ini.

Prayitno menambahkan, selama perkemahan, para peserta selain mendapat materi tentang kepariwisataan dan kepramukaan, juga akan diajak mengenal lebih dekat obyek wisata Sanggaluri Park dan juga akan mengikuti prosesi atraksi wisata ‘Bersih Sumber dan Ruwat Bumi’ di Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari). (y)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.