Hebat, Purbalingga Kirim 48 Siswa di OSP

PURBALINGGA, INFO- Sebanyak 48 siswa yang tersebar di beberapa SMA/MA di Purbalingga berhasil menembus Olimpiade Sains Provinsi (OSP) yang akan dihelat 16-19 April mendatang di hotel Muria Semarang. Ke-48 siswa tersebut diketahui telah mengikuti Olimpiade Sains Kabupaten Kabupaten (OSK) beberapa waktu yang lalu yang perengkingannya berdasar urutan 105 besar Provinsi dari masing-masing mata pelajaran (Mapel) yang dilombakan.

Menurut hasil yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, Purbalingga mampu mengirimkan 48 siswanya yang terdiri dari Matematika (1), Biologi (7), Kimia (4), Fisika (2), Komputer (3), Kebumian (8), Astronomi (9), Ekonomi (8), Geografi (6). Dari hasil tersebut, SMA N 1 Purbalingga berhasil mengirimkan  21 wakilnya di OSP atau menduduki peringkat pertama untuk tingkat Kabupaten Purbalingga.

Kepala Sekolah SMA N 1 Purbalingga, Kustomo mengatakan, persiapan mulai dari OSK sudah disiapkan jauh-jauh hari sehingga kesiapan anak didiknya telah mumpuni menghadapi lomba yang memiliki gengsi itu. Kustomo menambahkan, tim guru sangat berperan besar dalam mempersiapkan perlombaan tersebut.

“Kami harus bekerja lebih intensif lagi mempersiapkan anak didik kami untuk menghadapi OSP mendatang,” kata Kustomo.

Salah satu pembimbing (Mapel) Kimia di SMA N 1 Purbalingga, Hesti Riani Salasati menuturkan, pencapaian yang telah dirah saat ini merupakan kerja keras semua pihak mulai dari pimpinan SMA N 1 Purbalingga hingga anak didik yang memiliki antusiasme tinggi mengikuti perlombaan. Dia menandaskan, siswa di kabupaten Purbalingga pada umumnya mempunyai potensi yang sangat baik dalam akademik.  Dua anak didiknya sendiri mampu menembus OSP yang kesemuanya dari keals XI yaitu Muhammad Zahrandika dan Umar Andriansyah .

“Minat belajar siswa sangat tinggi. Hal itulah yang membuat siswa SMA N 1 Purbalingga mampu meraih prestasi,” ujar wanita bersuami Lalang Pradistia Utama staf Humas Pemkab Purbalingga tersebut.

Muhammad Zahrandika yang ditemui belum lama ini menuturkan, lolosnya ke tingkat Provinsi tidak membuatnya cepat puas. Dia mengaku akan memaksimalkan apa yang dia bisa perbuat agar hasil bisa meningkat. “Saya merasa belum maksimal walaupun bisa lolos ke Provinsi. Kami tim olimpiade SMA N 1 Purbalingga akan lebih rajin mengikuti bimbingan, pungkasnya. (PI-8).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.